Tips Cara Perawatan & Pemeliharaan Tanaman Anggrek



Tips Cara Perawatan & Pemeliharaan Tanaman Anggrek - Dalam budidaya tanaman anggrek pemeliharaan serta perawatan tanaman harus jadi perhatian dulu tipe anggrek yang hendak ditanamkan. Silakan baca lagi factor yang memengaruhi perkembangan tanaman anggrek untuk ketahui komunitas tumbuh tanaman ini. Meskipun secara umum penggemar atau petani anggrek telah memiliki sistem dan langkah sendiri dalam memiara tanaman anggrek, tapi pada intinya perawatan tanaman anggrek fokus pada tempat tanam, penyiraman, pemupukan, dan pengaturan lingkungan dan hama penyakit tanaman. Dengan memerhatikan komunitas dan keempat factor itu karena itu budidaya tanaman anggrek dapat secara baik dilaksanakan.
Tips Cara Perawatan & Pemeliharaan Tanaman Anggrek

Media tumbuh


Panduan Langkah Perawatan dan Perawatan Tanaman Anggrek
Pada tanaman anggrek, media tumbuh berperan sebagai tempat bertumpunya akar tanaman dan penyimpanan hara dan air. Media tumbuh harus baik yakni tidak segera lapuk, tidak gampang memunculkan penyakit, memiliki aerasi yang baiik, dan bisa mengikat air dan elemen hara yang lain, dan keasaman (pH) nya sekitar di antara 5-6. Media untuk perkembangan tanaman anggrek yang biasa dipakai ialah moss, pakis, serutan kayu, sabut kelapa, arang dan kulti pinus.

Untuk tanaman anggrek yang memakai pot, umumnya pada dasar pot dipakai pecahan batu bata yang berperan untuk mempernyerap air semakin banyak hingga kekuatan draenasi dan aerasinya baik. Media yang bagus dan umum dipakai ialah moss dan pakis. Moss memiliki kandungan 2-3% elemen N dan memiliki daya mengikat air yang baik sekali. Sedang pakis selainnya memiliki draenasi dan aerasi yang bagus banyak terkandung elemen unsur hara yang diperlukan oleh anggrek. Pergantian pot tempat media tumbuh dilaksanakan jika tanaman makin besar. Pot media tumbuh yang bagus dipakai ialah pot yang dibuat dari bata, karena bisa jaga kelemababan media.

Pemupukan


Dalam budidaya tanaman anggrek lingkungan kurang cukup sanggup sediakan elemen unsur hara yang diperlukan untuk perkembangan tanaman anggrek. Untuk menangani hal itu umumnya dilaksanakan pemberian pupuk baik organik atau anorganik, yakni pupuk majemuk yang memiliki kandungan elemen unsur hara micro dan makro.Secara umum Elemen makro yang dibutuhkan tanaman ialah C, H, O, Ca, K, N, P, S, dan Mg sedang elemen micro mencakup Fe, Mn, B, Cu, Zn, Mo, dan Cl.

Pemberian tipe pupuk pada anggrek berlainan untuk tiap babak perkembangannya. Pada babak perkembangan vegetatif untuk tanaman yang kecil pemberian pupuk NPK ialah 30:10:10. Pemberian pupuk untuk babak vegetatif pada tanaman dewasa ialah NPk dedngan perbedaan 10:10:10. sedang perbandingn NPK pada babak generatif ialah 10:30:30 (Widiastoety, 1997). Pemupukan seharusnya dilaksanakan lewat daun khususnya permukaan bawah daun. Oleh karenanya pemupukan seharusnya dilaksanakan di saat tidak ada cahaya matahari, karena padaa waktu itu stomata daun sedang buka hingga pemberian pupuk lebih efisien


Penyiraman


Secara umum budidaya tanaman anggrek memakai lindungan supaya terbebas dari cahaya matahari langsung. Keperluan anungan untuk tiap tipe anggrek berlainan. Walau begitu supaya kelembapan anggrek selalu terlindungi karena itu penyiraman penting jadi perhatian. Frekuensi dan jumlahnya air siraman yang diberi pada tanaman anggrek berlainan bergantung pada tipe dan kecil besarnya tanaman dan kondisi lingkungan. Umumnya pada tanaman anggrek dilaksanakan penyiramana 2x satu hari yakni pada sore dan pagi hari, namun anggrek yang di tempat di bawah lindungan yang paranet penyiraman bisa dikurangkan jika ada hujan.

Pengaturan lingkungan dan hama penyakit


Tanaman anggrek menginginkan lingkungan yang bersih dan perputaran udara yang bebas. Oleh karenanya kebersihan lingkungan perlu dijaga. Pengaturan hama penyakit yang umum dilaksanakan ialah penangkalan pada perkembangan jamur dan bakteri pada tanaman serangga yang lain seperti trips. Pengaturan dilaksanakan dengan menyemprotkan tanaman dengan obat yang sama sesuai saran 1 minggu sekali.

Dengan memerhatikan beberapa hal di atas, karena itu tanaman anggrek segera dapat berkembang dan tumbuh secara baik. Karena pada intinya tanaman anggrek sebagai salah satunya tipe tanaman hias dengan perawatan relatif gampang. Selamat bertanam.

sumber: litbang.pertanian.go.id

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama