Panduan dan Langkah Perawatan Bunga Mawar

Bunga Mawar (Rosaceae) ialah tanaman hias bunga dari genus Rosa yang ialah nama hasil dari bunga ini. Mawar atau Rosaceae terdiri lebih dari 100 spesies yang umumnya tumbuh di belahan bumi utara yang berudara sejuk. Spesies bunga mawar biasanya sebagai tanaman semak yang berduri atau tanaman memanjat dengan tinggi dapat capai 2 sampai 5 mtr.. Dalam artikel ini akan diterangkan dengan singkat beberapa ciri umum dan langkah perawatan bunga mawar.

Bunga mawar benar-benar dicintai beberapa pencinta tanaman hias karena kelopak bunganya yang cantik dan warna warni. Bunga ini keluarkan berbau yang paling wangi. Mayoritas spesies bunga mawar memiliki daun yang panjangnya di antara 5-15 cm, dua-dua bersimpangan (pinnate). Daun majemuk yang setiap batang daun terbagi dalam sedikitnya 3 atau 5 sampai 9 atau 13 anak daun dan daun penumpu (stipula) berupa lonjong, pertulangan menyirip, pinggir tepi beringgit, meruncing pada ujung daun dan berduri pada tangkai yang dekat ke tanah.

Panduan dan Langkah Perawatan Bunga Mawar

Bunga Mawar (Rosaceae)
Tips & Cara Perawatan Bunga Mawar
Bunga Mawar (Rosaceae)
Bunga Mawar sebenarnya bukan tanaman tropis, mayoritas spesies merontokkan semua daunnya dan cuman beberapa spesies yang berada di Asia Tenggara yang selalu berdaun hijau selama setahun. Bunga terbagi dalam 5 lembar daun mahkota dengan perkecualian Rosa sericea yang cuman mempunyai 4 lembar daun mahkota. Warna bunga umumnya putih dan merah jambu atau kuning dan merah pada beberapa spesies. Ovari ada di sisi bawah daun mahkota dan daun kelopak. Secara umum mawar mempunyai duri seperti pengait yang berperan sebagai pegangan saat memanjat tumbuhan lain.


Beberapa spesies yang tumbuh liar di tanah berpasir di wilayah pantai seperti Rosa rugosa dan Rosa pimpinellifolia menyesuaikan dengan duri lempeng seperti jarum yang kemungkinan berperan untuk kurangi kerusakan karena dikonsumsi binatang, meredam pasir yang diterbangkan angin dan membuat perlindungan akar dari erosi. Meskipun telah diproteksi duri, rusa keliatannya tidak takut dan kerap menghancurkan tanaman mawar. Beberapa spesies mawar memiliki duri yang tidak berkembang dan tidak tajam.

Panduan dan Langkah Perawatan Bunga Mawar


Langkah menanam dan menjaga bunga mawar sangat gampang karena bunga ini tidak membutuhkan perawatan yang khusus. Bunga ini dapat tumbuh di wilayah beriklim panas, sedang bahkan juga dingin. Tempat tanam yang diperlukan ialah tanah berhumus dan drainase/pengairan yang bagus, di mana bunga ini kurang subur bila ditanamkan pada media yang terlampau gembur dan berpasir. Pencahayaan matahari yang cukup akan membuat pohon ini rajin berbunga dan tumbuh subur.

Bunga Mawar dapat dibanyakin lewat biji, setek, okulasi, cangkokan dan memotong anakan. Langkah paling ringkas dengan setek. Selainnya pencahayaan matahari yang cukup, perlu dilaksanakan pemotongan secara periodik agar ada tunas baru dan janganlah lupa berikan pupuk perangsang bunga dengan teratur. Pemotongan seharusnya dilaksanakan pada musim penghujan karena tunas akan selekasnya tumbuh dan kuntum bunga akan banyak muncul. Kerjakan pemangkasan akar dan pergantian tempat tanam tiap 1-2 tahun sekali supaya tanaman tumbuh sehat dan subur. Sang elok ini dapat berusia di atas sepuluh tahun jika anda menjaganya penuh kasih-sayang dan dapat berbunga selama setahun.

Bunga Mawar benar-benar pas ditaruh di pelataran rumah, khususnya pelataran rumah dengan tukang taman minimalis. Bunga ini tumbuh menjalar dan tidak membutuhkan banyak tempat sebagai media tumbuh.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama